..<< = Jual Motor = >>..

Sunday

Boleh Gonta-Ganti Bensin

Ganti BensinTip Dan Cara Gonta-Ganti Bensin, Turunnya harga bahan bakar jenis Pertamax dari Rp 8.200 menjadi Rp 7.000 membuat pemilik mobil beralih ke bahan bakar beroktan 92. Karena dengan premium, selisihnya harga hanya terpaut Rp 1.000. Kalau sampai premium kemudian ikutan turun, ya kembali lagi ke premium.

Masalahnya, ada pembaca kompas.com menanyakan, apakah mesin mobil tidak rusak dengan gonti-ganti bahan bakar? "Tidak, asal gonta-gantinya dengan bahan bakar sejenis," jelas Usman Adi, Service Operation Manager PT Tunas Toyota di Jl. Dewi Sartika, Jakarta Timur.


Yang dimaksud bahan bakar sejenis itu, lanjut ayah dua putra yang juga tergabung dalam tim slalom Toyota ini, jika sebelumnya pakai premium dari Pertamina dan naik ke pertamax juga dari Pertamina. Kerusakan bisa terjadi bila dari premium pertamina trus pertamaxnya pakai punya swasta atau sebaliknya.

Sebab, menurut Usman, setiap jenis bahan bakar dari masing-masing perusahaan mempunyai formula yang berbeda. Kalau percampurannya berlangsung cepat, mungkin tidak menjadi masalah. Sangat berbahaya jika persenyawaannya lamban bisa membentuk jelaga (semacam butiran halus yang lunak) bertumpuk-tumpuk.

Repotnya, kalau permasalahannya sudah terjadi sebelum masuk ke mesin. Di antaranya, menyangkut kualitas bahan bakar. Seumpama bensinnya palsu membuat pembakaran tidak sempurna. Kemudian, efek dari persenyawan kimia lamban tadi sampai menimbulkan jelaga.

Mengenai perlunya dilakukan servis, Usman menekankan, untuk mobil berteknologi injeksi tak perlu. Pasalnya, mobil injection sudah otomatis menyesuaikan diri (adjust). Beda dengan mobil dilengkapi sistem karburator, perlu ada penyesuaian timing pengapian.

Kepada pemilik mobil, Usman berpesan, pemilik mobil harus memahami akan spesifikasi kendaraannya. "Kalau sudah tahu harga mobil di atas Rp 300 juta, tentu minum bahan bakar beroktan 92. Jangan lantas diisi premium, secara perlahan performa mobil akan turun," tutupnya.

SBT
Souce of motor information tip and trick : Kompas.com

Mau kredit motor

No comments:

Jual Batu Bara 63 61
Permohonan Doa

Lowongan Kerja JKT Butuh segera :) :)
Lowongan Kerja
Lowongan kerja Adm , SPG, Supir , Gudang
SMS , WA : 0815.1911.4497

Read Relation :

Topic Relation
Mau pasang iklan
Mau jual motor
Mau beli motor
** Pasang Iklan
buat iklan aja free
Pusat Info Batu Bara
Form pasang iklan : Jual motor